contoh rpp (rencana proses pembelajaran
Nama Sekolah : smp 123 pekalongan
Kelas / Semester : x / 1
Mata Pelajaran : Hadits
Topik Pelajaran : Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
Alokasi Waktu : 2x 40
A. Standar Kompetensi
Mampu mengidentifikasikan persamaan dan
perbedaan hadits, sunnah, khabar dan atsar, mengenal unsur-unsur hadits dan
beberapa kitab kumpulan hadits
B. Kompetensi Dasar
Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu
mengidentifikasi persamaan dan perbedaan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar,
mengenal macam-macam dan unsur-unsur hadits
D. Indikator kompetensi
1 .Mendefinisikan
pengertian Hadits dengan benar
2. Mendefinisikan pengertian Sunnah dengan benar
3. Mendefinisikan pengertian Khabar dan Atsar
4. Membedakan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
5. Menyebutkan contoh-contoh Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
2. Mendefinisikan pengertian Sunnah dengan benar
3. Mendefinisikan pengertian Khabar dan Atsar
4. Membedakan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
5. Menyebutkan contoh-contoh Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
E. Materi ajar :
1)
Fakta
§
Pelaksaan sunah-sunah dalam kehidupan sehari-hari serta
dapat mebedakan hadits dengan atsar
2)
Konsep
§ Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
3)
Prinsip
§ Contoh – contoh
hadits, atsar dan Sunnah yang benar.
F. Metode Pembelajaran :
Metode yang digunakan ceramah, diskusi dan
tanya jawab.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan salam, berdo’a,
mengabsen dan mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi hadits atsar dan juga Sunnah yang diketahui
peserta didik.
Motivasi
Peserta didik diberi penjelasan
tentang manfaat mempelajari Perbedaan Hadits, atsar dan sunnah untuk bisa
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Pemberian Acuan
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
·
Peserta
didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta
didik memperhatikan contoh hadits yang
ditampilkan kemudian Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang
gambar yang ditampilkan.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik menuliskancontoh hadits yang tertulis di slide
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang pengertian hadits, atsar, sunnah
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang perbedaan hadits, atsar, sunnah
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik membaca materi/pemahaman konsep pada LKS masing-masing
·
Peserta
didik mengidentifikasi pengertian hadits, atsar, sunnah
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan hadits, atsar, Sunnah
Mengasosiasikan
·
Guru
menyuruh peserta didik untuk menalar materi perbedaan , pengertian hadits,
atsar, sunnah Peserta didik melakukan kegiatan berupa diskusi kelomkpok yang
dibagi menjadi 3 kelompok.
·
Peserta
didik menyimpulkan pengertian, perbedaan dan contoh hadits, atsar, sunnah
·
Peserta
didik menuliskan simpulan hasil diskusi tentang materi hadits, atsar, sunnah
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik memaparkan hasil diskusi di
depan kelas
·
Peserta
didik kelompok lain menilai hasil diskusi kelompok lain dari segi ketepatan
jawaban, kelengkapan contoh/bukti dan kejujuran pendapat.
·
Tiap
kelompok melakukan tanya jawab sederhana mengomentari hasil diskusi kelompok
lain
·
Guru
memberi reward kepada seluruh kelompok
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru
bersama-sama membuat simpulan tentang materi ajar.
·
Guru
mengadakan evaluasi.
·
Guru
menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya
·
Bersama-sama
menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
|
10 menit
|
H.
G.Alat dan Sumber Belajar
1.
Media:
§ Multimedia
IT
§ Contoh
gambar Hadits dan Atsar serta Sunah Nabi,
2.
Sumber:
§ Kitab
hadits Shahih bukhari , Muslim
§ Buku
Qur’an Hadits Guru Kelas X Kemenag RI 2014
§ Buku
Qur’an Hadits Siswa Kelas X Kemenag RI 2014
I. Penilaian
1)
Jenis/teknik
penilaian
§ Kompetensi Sikap :
Observasi
§ Kompetensi Pengetahuan : Tes
Tulis dan Lisan
pekalongan,
26 Maret 2017
Kepala
Sekolah smp 123 pekalongan Guru
paijo, M.Pd painem, S.Pd
Comments
Post a Comment