contoh rpp (rencana proses pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : smp 123 pekalongan
Kelas / Semester      : x / 1
Mata Pelajaran        : Hadits
Topik Pelajaran      : Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar

Alokasi Waktu         : 2x 40


A.    Standar Kompetensi
Mampu mengidentifikasikan persamaan dan perbedaan hadits, sunnah, khabar dan atsar, mengenal unsur-unsur hadits dan beberapa kitab kumpulan hadits
B.     Kompetensi Dasar            
Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasi persamaan dan perbedaan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar, mengenal macam-macam dan unsur-unsur hadits
D.    Indikator kompetensi       
1 .Mendefinisikan pengertian Hadits dengan benar
2. Mendefinisikan pengertian Sunnah dengan benar
3. Mendefinisikan pengertian Khabar dan Atsar
4. Membedakan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
5. Menyebutkan contoh-contoh Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar
E.     Materi ajar                         :
1)         Fakta
§  Pelaksaan sunah-sunah dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mebedakan hadits dengan atsar
2)              Konsep
§  Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar  
3)              Prinsip
§  Contoh – contoh hadits, atsar dan Sunnah yang benar.



F.      Metode Pembelajaran       :
Metode yang digunakan ceramah, diskusi dan tanya jawab.

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi  hadits atsar dan juga Sunnah yang diketahui peserta didik.
Motivasi
Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari Perbedaan Hadits, atsar dan sunnah untuk bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Pemberian Acuan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
·         Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
10 menit
Inti
Mengamati
·         Peserta didik memperhatikan  contoh hadits yang ditampilkan kemudian Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang gambar yang ditampilkan.
Mempertanyakan
·         Peserta didik menuliskancontoh hadits yang tertulis di slide
·         Peserta didik bertanya jawab tentang pengertian hadits, atsar, sunnah
·         Peserta didik bertanya jawab tentang perbedaan hadits, atsar, sunnah
Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada LKS masing-masing
·         Peserta didik mengidentifikasi pengertian hadits, atsar, sunnah
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan hadits, atsar, Sunnah
Mengasosiasikan
·         Guru menyuruh peserta didik untuk menalar materi perbedaan , pengertian hadits, atsar, sunnah Peserta didik melakukan kegiatan berupa diskusi kelomkpok yang dibagi menjadi 3 kelompok.
·         Peserta didik menyimpulkan pengertian, perbedaan dan contoh hadits, atsar, sunnah
·         Peserta didik menuliskan simpulan hasil diskusi tentang materi hadits, atsar, sunnah
Mengkomunikasikan
·         Peserta didik  memaparkan hasil diskusi di depan kelas
·         Peserta didik kelompok lain menilai hasil diskusi kelompok lain dari segi ketepatan jawaban, kelengkapan contoh/bukti dan kejujuran pendapat.
·         Tiap kelompok melakukan tanya jawab sederhana mengomentari hasil diskusi kelompok lain
·         Guru memberi reward kepada seluruh kelompok
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama membuat simpulan tentang materi ajar.
·         Guru mengadakan evaluasi.
·         Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya
·         Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam.
10 menit



H.
G.Alat dan Sumber Belajar
1.    Media:
§  Multimedia IT
§  Contoh gambar  Hadits dan Atsar serta Sunah  Nabi,
2.    Sumber:
§  Kitab hadits Shahih bukhari , Muslim
§  Buku Qur’an Hadits Guru Kelas X Kemenag RI 2014
§  Buku Qur’an Hadits Siswa Kelas X Kemenag RI 2014
I. Penilaian
1)   Jenis/teknik penilaian
§  Kompetensi Sikap             : Observasi
§  Kompetensi Pengetahuan  : Tes Tulis dan Lisan


pekalongan, 26 Maret 2017


Kepala Sekolah  smp 123 pekalongan                                                       Guru 




paijo, M.Pd                                                            painem, S.Pd





Comments

Popular posts from this blog

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( HMJ PAI )

PROJECT PROPOSAL Maulid Nabi

pertanyaan untuk screaning di organisasi hmps atau hmj